Friday, February 3, 2023
HomeUncategorizedNggak perlu takut, teman! Kamu bisa mempraktikkan cara membangun kebiasaan

Nggak perlu takut, teman! Kamu bisa mempraktikkan cara membangun kebiasaan

5. Melatih anak menempatkan sesuatu dalam perspektif waktu

Museum merupakan lorong waktu tempat anak dapat melihat sesuatu yang mungkin selama ini hanya mereka lihat di buku atau cerita saja. Nah, saat membaca suatu kisah peristiwa di dunia, baik itu sejarah, politik, atau yang lainnya anak bisa saja bingung dengan waktu dari berbagai peristiwa yang terjadi. Museum biasanya menggunakan visualisasi grafik atau angka untuk menempatkan suatu peristiwa dalam perspektif waktu. Hal ini akan membuat anak memiliki perspektif waktu yang lebih luas tentang sebuah peristiwa yang pernah terjadi di dunia.

 

6. Merupakan cara belajar yang efektif
Museum merupakan salah satu lingkungan belajar informal. Si kecil dapat leluasa menjelajahi pameran, berupa lukisan, patung, hingga benda-benda bersejarah. Hal ini membuat anak bisa belajar lebih interaktif, serta mendapatkan informasi mendalam dari objek yang ia amati.

 

7. Mendorong anak untuk bersosialisasi
Manfaat mengajak anak ke museum juga dapat mengasah kemampuan bersosialisasinya, loh. Di sana, ia akan bertemu dengan banyak orang. Ayah/Bunda bisa mendorong mereka agar tidak malu bertanya ke pemandu saat ada penjelasan yang kurang dipahami. Si kecil juga bisa mendapat banyak teman baru di sana.

Itu lah beberapa manfaat mengunjungi museum bagi anak. So, sudah nggak ragu lagi kan untuk mengajak anak ke museum di liburan kali ini? Memberikan dukungan penuh dalam proses pembelajaran anak, dapat dilakukan dengan situs slot gacor memberikan akses pengetahuan seluas-luasnya. Nah, selain mengajak sang buah hati ke tempat wisata edukasi, Ayah/Bunda juga bisa mencoba Kursus Ruangguru for Kids untuk persiapan new semester anak nanti.

Di sana, potensi anak akan terus diasah dalam belajar membaca, menulis, dan berhitung (Calistung), Matematika, Bahasa Inggris, dan Sains. Supaya lebih seru lagi, coba juga metode Live Teaching interaktif yang tersedia dalam program nasional dan internasional yang dikhususkan untuk anak usia 4–8 tahun. Yuk, coba trial class nya sekarang!

9 Cara Memulai Kebiasaan Baru agar Hidup Lebih Produktif

Setiap pergantian tahun, pasti ada aja keinginan untuk memperbaiki diri ke arah yang lebih baik. Berbagai resolusi yang mau dicapai udah di-list sejak jauh-jauh hari biar nggak cuma tahun aja yang baru, tapi juga diri kita. Mulai dari memulai kebiasaan baru, goals yang ingin dicapai, dan lain sebagainya. Kalau kata orang-orang sih, “New year, new me”. Ceilah! Kamu termasuk salah satunya, bukan?

Semuaaaaanya diperbaiki, mulai dari ujung rambut sampai ujung kaki. Kebiasaan lama yang kurang baik pun juga turut diperbaiki. Teman-teman yang tahun lalu hobi rebahan, tahun ini mau lebih banyak olahraga. Kamu yang sebelumnya suka malas belajar, tahun ini mau mencoba lebih rajin belajar. Kebiasaan begadang sampai subuh, mau diganti dengan kebiasaan tidur di bawah jam 10 malam. Hmm.. memang bagus sih, membangun kebiasaan baru yang lebih baik, tapi memangnya kamu yakin kebiasaan itu bisa bertahan lama? Kamu yakin kamu nggak akan tiba-tiba menyerah di tengah jalan?

Nggak perlu takut, teman! Kamu bisa mempraktikkan cara membangun kebiasaan baru yang sebagian besar diambil dari James Clear, penulis buku best seller berjudul Atomic Habits. Gimana sih caranya memulai kebiasaan baru? Hayuk, kita bahas satu per satu!

1. Mulailah dengan Kebiasaan yang Kecil

Mulailah membangun kebiasaan baru dengan menyisipkan langkah kecil baru dalam keseharianmu. Buatlah sekecil mungkin sampai nggak ada kemungkinan kamu merasa malas untuk melakukan kebiasaan itu. Misalnya, kamu bisa memulai membangun kebiasaan berolahraga selama 10 menit per hari dengan melakukan gerakan-gerakan yang ringan terlebih dahulu. Contoh lain, kamu bisa memulai kebiasaan belajar dengan mempelajari hanya 1 mata pelajaran terlebih dahulu per harinya. Kemudian, cobalah untuk konsisten melakukan kebiasaan kecil itu selama beberapa hari tanpa skip.

RELATED ARTICLES

Most Popular